2018 Longhorn Football Prospectus: Thinking Texas Football

2018 Longhorn Football Prospectus: Thinking Texas Football

Sejarah kaum kolonialis melemahkan kekuatan islam dengan cara mengadu dengan yang berakibat ​

kaum kolonialis melemahkan kekuatan islam dengan cara mengadu dengan yang berakibat ​

politik mengadu domba pada kaum kolonialis untuk melemahkan Islam berakibat pada perpecahan umat Islam dan terjadi peperangan diantara kerajaan-kerajaan Islam

PEMBAHASAN :

Politik mengadu domba dikenal dengan sistem politik “devide et impera” (belah bambu atau memecah belah). politik ini bertujuan untuk memecah belah persatuan di Nusantara dengan cara mengadu domba kerajaan-kerajaan islam dengan melihat masalah yang sedang terjadi di dalam kerjaan tersebut. contoh perang yang terjadi yaitu :

  1. perang padri (1821-1837) yang dipimpin Imam Bonjol .perang ini terjadi antara kaum adat dan paderi ini terjadi akibat provokasi pemerintah kolonial Belanda
  2. perang saudara di kerjaan Mataram Jawa ,cara Belanda memecah belah kerajaan tersebut adalah membuat perjanjian damai dengan Jawa Mataram, tetapi diam-diam mereka juga mengadakan perjanjian rahasia dengan raden Trunojoyo dari Madura dan kelompok orang Makassar.

Akibat politik adu domba Belanda menimbulkan masalah besar bagi persatuan dan kesatuan sehingga sulit meraih kemerdekaan. Dan Islam mengalami perpecahan.

Pelajari lebih lanjut

materi politik adu domba https://brainly.co.id/tugas/14650841

Detail Materi

Kelas : SD

materi : IPS

Bab : politik Devide Et impera

kode : -

#BelajarBersamaBrainly

[answer.2.content]